Tanaman Hias Daun Yang Suka Panas dan Tidak

Posted on

Tanaman hias daun dapat dijadikan pilihan yang tepat sebagai ornament utnuk memperindah rumah atau tempat kerja selain bunga hias. Namun, sebelum menanamnya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti lokasi penanamannya. Hal ini wajib diketahui sebelum penanaman Karena tidak semua tanaman daun dapat bertahan dengan terpaan langsung sinar matahari atau sebaliknya.

Contoh tanaman hias daun yang suka panas

Ada beberapa tanaman daun yang sangat senang dengan panas matahari sehingga penempatannya harus diletakkan pada lokasi yang memperoleh suplai matahari langsung.

1.Tanaman Hias Lidah Mertua

Sansivera atau lidah mertua meruapkan salah satu jenis tanaman hias yang sangat mudah tumbuh subur. Bentuk khas lidah mertua dapat dilihat dari tekstur pola daun mirip ukiran. Tanaman ini mampu bertahan pada cuaca dengan suhu minimal 4 derajat celcius dan suhu maksimal 37 derajat celcius. Cara penanamannya sangat mudah yaitu dengan media tanam yang mengkombinasikan tanah, sekam, pecahan genting, serta pupuk kompos lalu masukkan pada pot. Tanam lidah mertua di dalamnya lalu siram dengan air secukupnya. Selain dapat memperindah ruangan atau halaman rumah, tanaman daun yang satu ini juga mampu bekerja sebagai resipan atau penyerap polutan-polutan yang terdapat pada udara, khususnya asap rokok.

2.Tanaman Hias Daun Palem

Palem merupakan tanaman daun yang tepat untuk dijadikan tanaman hias di area luar atau halaman. Selain mudah untuk ditanam dan dapat menjadi perindang lingkungan, palem tidak memerlukan perawatan khusus. Jika akarnya sudah tumbuh kokoh, tidak perlu lagi melakukan penyiraman karena akar akan dengan sendirinya mencari suplai nutrisi dari dalam tanah. perawatan yang perlu dilakukan secara berkala hanyalah pembersihan dahan yang sudah menguning dan mulai terlepas supaya tampilan palem selalu terlihat segar.

3.Tanaman Hias Daun Lili Paris

Lili paris akhir-akhir ini menjadi tanaman hias hijau yang banyak menyedot perhatian para pecinta tanaman hias. Bentuk fisik daun lili paris yang memanjang dan meruncing membuat tampilan tanaman daun ini dapat menyegarkan mata. Kombinasi warna hijau keputihan yang muncul semakin membuat cantik tanaman hias ini. Tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias pot yang dapat memperindah serta menyejukkan rumah.

4.Tanaman Hias Paku Tanduk Rusa

Tanduk rusa merupakan tanaman hias daun yang hidup menempel pada pohon atau tumbuhan lain. Meski menempel, namun tanduk rusa tidak memberikan kerugian bagi tumbuhan inangnya seperti parasit. Terdapat lebih dari lima spesies tanduk rusa yang dapat tumbuh subur di Indonesia.

Tanaman hias daun yang tidak suka panas

Setelah mengetahui tentang tanaman hias daun yang dapat bertahan meskipun terkena pancaran sinar matahari langsung, kini saatnya  untuk menyimak informasi tentang tanaman daun yang tidak suka dengan panas. Berikut ini adalah daftar tanaman daun yang tidak dapat tumbuh dengan subur apabila terkena sinar matahari langsung secara terus menerus.

1.Tanaman Hias Kuping Gajah

Tampilan daun dengan bentuk dan aksen tulang yang menawan membuat tanaman ini banyak dijadikan sebagai hiasan alami di dalam atau luar rumah. Kombinasi warna daun juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta tanaman hias. Lebar daun tanaman kuping gajah hingga 30 cm dengan panjang yang mencapai 40 cm. terdapat berbagai jenis tanaman kuping gajah yang dapat dibudidayakan di kawasan Indonesia antara lain kuping gajah Crystalliunum, Nikki, Clarinervium, Regalle dan Papillilaminum.

2.Tanaman Hias Aglonema

Aglonema atau Sri Rejeki merupakan jenis-jenis bunga daun hias yang memiliki daun dengan tulang daun menyirip dengan corak yang unik dan sangat menarik. Bentuk daunnya pun beragam dari mulai oval, elips dan lanset dengan warna yang juga beragam dari mulai bercorak putih hingga merah muda. Tanaman Sri Rejeki akan semakin mempercantik tampilan ruangan dalam rumah atau taman yang akan terlihat lebih sejuk.

3.Tanaman Hias Palem Kuning

Selain dapat digunakan sebagai tanaman perindang, kecantikan tampilan palem kuning juga akan membuat taman dan rumah menjadi semakin indah dan asri. Berikut cara menanam pohon hias palem kuning yang semakin sulit dijumpai ini.

  • Melakukan pembibitan dengan penyemaian biji atau penanaman anakan palem kuning. Benih yang sudah ditumbuhi tunas dapat segera dipindah pada lahan.
  • Mempersiapkan media tanam yang tepat dengan mencampur pasir serta pupuk kandang. Perbandingan antara dua bahan ini adalah 1:1. Palem kuning dapat tumbuh subur pada lahan yang memiliki pH 6,5.
  • Melakukan perawatan berkala wajib dilakukan untuk menjaga kesuburan tanaman palem kuning. Perawatan dapat dilakukan dengan memberi pupuk minimal dua bulan sekali dan penyiraman dengan intensitas yang tidak terlalu sering. Apalagi jika musim hujan tiba, terlalu sering menyiram palem kuning justru akan membuat akar menjadi busuk.

4.Tanaman Hias Palem Zamia

Zamia merupakan salah jenis tanaman daun hias dengan tekstur daun yang tebal terlihat mengkilap. Tanaman ini merupakan tanaman hias yang berasal dari Meksiko. Tampilan fisik Zamia mirip seperti pohon palem namun arah pertumbuhannya tidak tegak seperti palem melainkan lebih serong ke samping. Daun pada tanaman ini bertekstur keras yang tersusun rapi seperti tumpukan kartu. Zamia mampu bertahan pada cuaca bersuhu 30-35 derajat Celcius. Jika hendak membudidayakannya, tanaman ini dapat berkembangbiak melalui tunas akarnya. Jangan lupa untuk melakukan perawatan dengan memberi pupuk NPK daun untuk kesuburan tanaman. Rentang hidup tanaman hias daun ini lama bahkan hingga lebih dari 5 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *