Jenis Tanaman Hidroponik Yang Cocok Untuk Hiasan Rumah

Posted on

Tren menanam secara hidroponik sekarang ini masih banyak digunakan. Banyak para pencinta tanaman hias yang memilih cara menanam hidroponik untuk menghiasi taman depan rumah. Jenis tanaman hidroponik yang cocok untuk hiasan rumah adalah tanaman hias bentuk bunga ataupun daun. Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa ditanam secara hidroponik. Nah, khusus dalam pembahasan kali ini akan diberikan jenis tanaman hias apa saja yang cocok untuk ditanam sebagai tanaman hias dirumah Anda.

Sebelum membahas mengenai jenis tanaman hias yang bisa ditanam secara hidroponik, maka Anda perlu mengetahui apa itu tumbuhan hidroponik. Pengertian tumbuhan hidroponik adalah tumbuhan yang ditanam dengan menggunakan media selain tanah. Media yang bisa digunakan untuk menanam tumbuhan secara hidroponik sangat banyak. Salah satu media selain tanah yang bisa digunakan untuk menanam secara hidroponik adalah air. Air yang digunakan bukan air biasa melainkan air yang sudah dicampur dengan pupuk atau yang lebih dikenal dengan cairan hidroponik.

Selain dengan menggunakan cairan hidroponik, Anda juga bisa menanam tanaman hias dengan menggunakan media sekam ataupun arang. Kedua jenis media ini termasuk media yang paling mudah didapatkan untuk menanam secara hidroponik. Selain itu, cara menanam hidroponik dengan menggunakan media ini juga tergolong sangat mudah dan ekonomis. Tanaman hias yang ditanam secara hidroponik dengan media sekam ataupun arang tetap membutuhkan air dan cairan hidroponik. Jenis dari tanaman hias yang bisa ditanam secara hidroponik ini cukup banyak.

Jenis Tanaman Hidroponik Suplir

Suplir merupakan salah satu jenis tanaman hias yang bisa ditanam dengan menggunakan metode hidroponik menggunakan media cairan hidroponik. Tanaman dengan bentuk daun kecil-kecil ini sangat cocok untuk ditempatkan didepan rumah. Jenis tanaman suplir yang ditanam dengan menggunakan metode hidroponik bisa ditanam dengan menggunakan pot gantung berukuran kecil. Pot gantung ini bisa Anda tempatkan diteras rumah Anda sebagai tanaman penghias rumah. Anda bisa memangkas tanaman suplir yang sudah tumbuh besar agar tetap indah di teras rumah.

Jenis Tanaman Hidroponik Keladi Red Star

Macam tanaman hidroponik yang cocok untuk hiasan taman didepan rumah lainnya adalah keladi red star. Tanaman hias ini termasuk jenis tanaman hias daun yang biasa ditanam dalam sebuah pot besar. Keindahan tanaman hias ini terletak pada bentuk dan juga warna daunnya. Keladi red star mempunyai bentuk daun menyerupai bintang dengan warna daun merah muda dan bintik-bintik warna abu-abu pada bagian sampingnya. Tumbuhan ini tumbuh secara bergerombol dengan bentuk batang yang kecil.

Tanaman keladi red star sangat mudah dijumpai di pekarangan rumah di Jawa. Nah, bagi Anda yang ingin menanam keladi red star secara hidroponik bisa menggunakan media cairan hidroponik sebagai media tanamnya. Cara memelihara keladi red star yang ditanam secara hidroponik ini cukup sulit, hal ini dikarenakan tanaman ini harus mendapatkan sinar matahari yang cukup dan cairan yang cukup. Sehingga Anda perlu mengontrol cairan hidroponik pada pot agar tanaman tidak layu.

Jenis Tanaman Herbal Hidroponik

Selain keladi red star, ada juga tanaman herbal yang bisa ditanam secara hidroponik. Menanam tanaman herbal secara hidroponik ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mempunyai halaman yang luas. Dengan menanam tanaman herbal secara hidroponik, maka teman Anda akan menjadi apotek hidup yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati berbagai jenis penyakit.

Jenis Tanaman Hidroponik Aglaonema

Aglaonema merupakan salah satu jenis tanaman hias daun yang mempunyai warna hampir sama dengan keladi red star. Namun tanaman aglaonema ini mempunyai bentuk daun yang lebih lonjong tanpa berbentuk bintang. Jenis tanaman hias daun ini sangat mudah dijumpai dan dibudidayakan dengan cara hidroponik. Hal ini dikarenakan alglaonema bisa dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Aglaonema ini menjadi salah satu contoh tanaman hias hidroponik yang paling mudah untuk dibudidayakan.

Jenis Tanaman Hidroponik Anggrek

Jenis tanaman hias lainnya yang sangat mudah dibudidayakan dengan cara hidroponik adalah bunga anggrek. Tanaman hias jenis bunga ini mempunyai banyak spesies dengan warna bunga yang indah. Sebagai bunga puspa pesona di Indonesia, anggrek menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk ditanam di pekarangan rumah Anda. Selain indah, bunga anggrek juga sangat mudah dibudidayakan termasuk dengan cara hidroponik. Untuk menanam bunga anggrek secara hidroponik ini juga bisa digunakan dengan berbagai media hidroponik.

Untuk membudidayakan jenis bunga hidroponik ini Anda bisa menggunakan media hidroponik berupa arang ataupun sekam. Bagi para pemula yang ingin menanam anggrek dengan cara hidroponik sangat disarankan untuk menggunakan media arang. Hal ini dikarenakan tanaman bunga anggrek akan sangat mudah tumbuh jika ditanam dengan menggunakan arang. Dalam merawat bunga anggrek yang ditanam dengan menggunakan media arang ini Anda juga perlu menyemprotnya dengan air setiap pagi dan sore hari.

Jenis Tanaman Hidroponik Buah-buahan

Untuk melengkapi koleksi tanaman hias hidroponik Anda di halaman rumah, maka Anda bisa mencoba menanam tanaman jenis buah-buahan. Jenis tanaman buah-buahan yang dapat ditanam secara hidroponik adalah tumbuhan buah yang merampat ataupun yang mempunyai akar kecil. Salah satu jenis tanaman buah yang bisa ditanam secara hidroponik adalah markisa. Anda bisa menjadikan tanaman ini sebagai peneduh halaman rumah Anda.

Jenis Tanaman Hidroponik yang cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias dirumah cukup banyak. Selain jenis-jenis bunga dan tanaman hias daun masih banyak lagi jenis tanaman hias yang bisa ditanam secara hidroponik. Menanam secara hidroponik ini memang masih menjadi tren dan banyak diminati oleh para botani rumahan. Hal ini dikarenakan dengan cara hidroponik tanaman menjadi lebih mudah berkembang dan bebas dari hama. Selain itu, dengan cara hidroponik Anda tidak membutuhkan banyak lahan untuk menanam berbagai jenis tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *