Tanaman Obat Asam Urat

Posted on

Tanaman obat asam urat sebenarnya tidaklah susah didapat. Di sekitar lingkungan Anda pun banyak tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat penyembuh asam urat. Secara turun temurun, penyembuhan dari penyakit ini memang lebih dicondongkan pada tanaman herbal. Selain murah, mengonsumsi tanaman herbal lebih aman dalam jangka panjang.

Seperti diketahui bersama, asam urat pada dasarnya penyakit rematik akibat adanya timbunan monosodium urat. Dengan adanya timbunan ini, membuat persendian terasa nyeri, muncul benjolan, bahkan pada saluran kemih terbentuk batu. Tentu segala keluhan tersebut akan sangat mengganggu penderitanya. Tak jarang, si penderita tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya.

Ada banyak penyebab penyakit asam urat. Beberapa di antaranya adalah faktor genetik dan hormonal, poa makan tidak sehat, banyak mengonsumsi makanan berpurin tinggi, mengonsumsi obat-obatan kimia, sering mengonsumsi alkohol, atau karena keracunan timbal. Tidak hanya itu, bagi Anda yang mengalami obesitas juga berpeluang besar menderita asam urat.

Di zaman modern ini, solusi mengonsumsi obat dari dokter memang terbilang praktis. Namun, bagaimana pun juga, obat banyak mengandung zat kimia. Oleh karena itu, akan lebih aman jika Anda mengatasi asam urat dengan mengonsumsi obat dari tanaman herbal yang tanpa memberikan efek samping di kemudian hari.

5 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya

Di Indonesia yang terkenal dengan kesuburan tanahnya ini, tersedia banyak tanaman obat yang biasa di tanam di sekitar rumah. Bahkan, tak jarang orang melihatnya sebagai ilalang biasa, namun ternyata memiliki manfaat sangat besar. Berikut ini beberapa jenis tanaman obat keluarga yang bisa Anda ambil manfaatnya.

  1. Seledri

Salah satu jenis tanaman yang biasa digunakan sebagai penyedap dari masakan ini, ternyata juga bisa dijadikan sebagai tanaman obat. Kandungan berbagai macam vitamin, kalium, mineral, dan zat besi mampu mengatasi penyakit darah tinggi, menghilangkan stres, bahkan bisa juga digunakan untuk mencegah munculnya kanker.

  1. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh yang biasa ditanam di pekarang rumah ini ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai penyedap masakan. Buah bulat lonjong yang mempunyai rasa sedikit masam ini juga mampu untuk mengatasi diabetes, sariawan, sakit gigi, asma, batuk, hingga mengatasi jerawat.

  1. Temu Lawak

Biasanya, temu lawak digunakan sebagai salah satu bahan rempah untuk suatu masakan. Selain itu, ternyata tanaman ini juga terbukti ampuh mampu mengatasi masuk angin, menjaga kesehatan ginjal dan hati, serta memperlancar pencernaan.

  1. Daun Beluntas

Tanaman yang biasa digunakan sebagai bahan sayuran ini, juga dipercaya banyak orang mampu mengatasi nyeri pinggang, rematik, perut kembung keputihan, hingga menurunkan panas. Anda cukup mengonsumsinya setiap hari secara rutin.

  1. Akar Alang-alang

Secara sepintas, tanaman ini mirip dengan rumput liar yang membuat pekarangan rumah menjadi tampak rimbun. Namun, siapa sangka, ternyata akar dari tanaman ini dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi keputihan, kencing batu, dan panas dalam.

Apakah hanya itu saja tanaman obat keluarga? Tentu tidak! Masih banyak lagi tanaman obat yang biasa tumbuh di sekitar rumah dan digunakan sebagai obat keluarga. Anda tinggal mencari informasi dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

5 Tanaman Obat Asam Urat Berkhasiat

Dari sekian banyak tanaman obat keluarga, ternyata ada beberapa tanaman herbal untuk obat asam urat. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Sidaguri

Tanaman perdu dengan bunga kecil berwarna kuning dan daun lonjong bergerigi pada bagian tepi ini banyak tumbuh di daerah tropis. Sekilas, tanaman ini seperti tanaman liar tanpa manfaat. Padahal, tanaman ini kaya akan senyawa alkaloid, tanin, asam amino, kalsium oksalat, saponin, dan zat philegmatic yang sangat manjur dijadikan sebagai ramuan obat asam urat.

  1. Daun Salam

Untuk masyarakat Indonesia, tentu sangat mengenal daun ini. Sebab, daun ini biasa digunakan sebagai pelengkap penyedap masakan. Tidak hanya itu, ternyata daun ini juga dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit. Kandungan minyak asiri, flavonoid, dan tanin yang ada di dalamnya juga dipercaya mampu mengatasi rematik, mag, kolesterol, diare, tekanan darah tinggi, dan kencing manis.

  1. Sambiloto

Tanaman yang sebenarnya berasal dari India ini memang terkenal sangat ampuh menyembuhkan radang, menawar racun, menghilangkan nyeri, dan analgetik. Tak heran jika tanaman yang banyak mengandung laktone, keton, flavonoid, keton, dan aldehid ini juga dapat digunakan untuk mengatasi asam urat.

  1. Kumis Kucing

Tanaman dengan bunga berwarna putih seperti kumis seekor kucing ini juga banyak dijumpai di sekitar pekarangan rumah atau tanah lapang. Kandungan yang terdapat dalam tanaman ini berupa senyawa orthosiphonin dipercaya mampu menyembuhkan rasa nyeri akibat asam urat.

  1. Anting-anting

Tanaman ini juga banyak tumbuh di sekitar rumah sebagai tanaman liar. Namun, meskipun tumbuh liar, banyak orang yang telah membuktikan keampuhannya dalam menyembuhkan rasa nyeri akibat asam urat. Selain itu, tanaman yang sering disebut kokosan oleh orang Sunda tersebut juga dapat digunakan untuk menghentikan darah, diuretik, pencahar, dan antiradang.

Selain berbagai tanaman tersebut, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat jika ingin asam urat cepat sembuh. Mengenali berbagai macam makanan dengan kandungan purin tinggi, kemudian menghindarinya merupakan langkah tepat yang harus Anda lakukan. Selain itu, tidur cukup, menurunkan berat badan, dan rutin berolahraga juga perlu Anda lakukan setiap hari. Ingat, jika ada pembengkakan akibat asam urat, jangan dipijat. Lebih baik, lakukan pengompresan dengan air dingin. Dalam proses penyembuhan asam urat, pola hidup seperti ini akan semakin memperkuat kinerja tanaman obat asam urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *