Tanaman Obat dan Manfaatnya untuk Penyembuhan Berbagai Penyakit

Posted on

Pengobatan beberapa penyakit bisa dilakukan dengan cara herbal menggunakan Tanaman obat dan manfaatnya yang beragam. Kelebihan dari pengobatan secara herbal adalah minimnya efek samping karena bahan yang digunakan alami tanpa bahan kimia. Apalagi sebagian besar tanaman herbal memiliki banyak manfaat sehingga tanaman obat berikut ini bisa digunakan untuk berbagai jenis penyakit.

Tanaman obat dan manfaatnya

Jenis Tanaman Obat Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan meningkatnya kadar glukosa di dalam tubuh karena kadar insulin yang tersedia tidak dapat mengimbangi kadar glukosa yang ada sehingga glukosa yang tidak terurai. Kondisi ini dapat pula mengakibatkan komplikasi dengan berbagai penyakit seperti katarak, ginjal hingga kanker pankreas. Penyebab diabetes biasanya adalah gaya hidup atau faktor lain yang sudah dimiliki sejak lahir, namun hingga saat ini belum diketahui asal faktor tersebut.

  1. Bawang Merah

Tanaman yang termasuk dalam bumbu dapur ini merupakan jenis tanaman obat keluarga dan kegunaaannya adalah untuk mengeluarkan kadar insulin yang tersendat di dalam tubuh sehingga glukosa yang menumpuk dapat diuraikan.

  1. Daun Sambiloto

Kandungan flavanoid dalam daun yang rasanya pait ini berguna untuk membantu tubuh dalam memproduksi insulin.

  1. Daun Salam

Selain digunakan untuk masak, daun salam juga dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka luar pada diabetes yang umumnya sulit kering. Caranya dengan menempelkan daun salam yang telah dihaluskan pada luka, bisa juga dengan cara meminum air rebusannya.

Jenis Tanaman Obat Asam Urat

Asam urat sebenarnya adalah sejenis zat yang berguna sebagai antioksidan di dalam tubuh. Namun kadar yang berlebihan menyebabkan asam urat menjadi kristal sehingga mengganggu persendian dan menyebabkan rasa nyeri. Berikut ini adalah jenis-jenis tanaman apotek hidup dan manfaatnya yang berguna untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh:

  1. Daun Meniran

Tanaman ini berguna untuk menyembuhkan asam urat dengan adanya kandungan zat flavanoid di dalamnya. Cara kerjanya adalah dengan menguraikan zat asam urat yang mengkristal.

  1. Daun Kumis Kucing

Kandungan glikosida orthosiponin dalam daun kumis kucing bisa digunakan untuk melarutkan asam urat, asam fosfat dan asam fosfalat dalam tubuh.

  1. Daun Salam

Daun salam merupakan salah satu tanaman yang mengandung flavanoid yang berfungsi untuk menguraikan kristal-kristal asam urat yang berlebihan di dalam tubuh.

Jenis Tanaman Obat Kanker

Kanker adalah kelainan sel yang terjadi melalui proses yang panjang, umumnya dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat. Berikut ini adalah tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker:

  1. Kunyit Putih

Untuk jenis kunyit putih berkhasiat membunuh sel kanker secara bertahap tanpa merusak jaringan disekitarnya. Kunyit putih memiliki aroma curcuma mangga dan mengandung RIP, anti curcumin dan anti oksidan.

  1. Daun Tapak Dara

Tanaman yang biasa ditanam sebagai penghias pekarangan ini daunnya mengandung senyawa alkaloid vinka,vinblastin dan vinkristin yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

  1. Mengkudu

Beberapa tahun yang lalu baru diketahui bahwa buah yang memilki rasa sangat pahit dan aroma yang tidak sedap ini memiliki zat yang dapat melawan pertumbuhan kelainan sel yang dapat menyebabkan kanker, zat tersebut adalah dammacanthel.

Jenis Tanaman Obat Kolestrol

Kolestrol sendiri sebenarnya adalah zat yang berguna untuk tubuh dan merupakan salah satu bahan baku yang digunakan tubuh dalam pembentukan sel dan hormon. Kandungan dari kolestrol dibagi menjadi 4 jenis yaitu trigiliserida, kolestrol jahat, kolestrol baik dan kolestrol Lp. Semuanya akan berbahaya bagi tubuh jika berada dalam jumlah yang berlebihan. Berikut adalah kumpulan jenis tanaman yang dapat menurunkan jumlah kolestrol:

  1. Daun Sambung Nyawa

Tanaman ini mengandung zat yang dapat menurunkan kolestrol trigiliserida dan tekanan darah. Cara mengkonsumsinya bisa dengan dimakan secara langsung bersama sambal atau sebagai lalapan.

  1. Temulawak

Zat tepung, minyak atsirin dan curcumin yang ada di dalam temulawak dapat menurunkan lemak dalam darah sehingga menurunkan kadar kolestrol yang dapat menghambat aliran darah di tubuh.

  1. Bawang Putih

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa bawang putih mampu menurunkan kadar trigiliserida namun kurang mampu menurunkan kolestrol jahat. Kuncinya adalah pada dosis yang dikonsumsi, semakin banyak bawang putih yang dikonsumsi maka semakin banyak kolestrol yang dihilangkan di dalam tubuh.

Jenis Dan Manfaat Tanaman Obat Keluarga Lainnya

Selain manfaat yang sudah disebutkan diatas, masih ada berbagai jenis tanaman yang memiliki manfaat sebagai obat herbal seperti:

  1. Tanaman Beluntas

Tanaman ini memiliki rasa getir dan baunya sangat khas, khasiat dari tanaman ini adalah dapat membantu organ pencernaan dalam mencerna makanan sehingga menambah nafsu makan. Kandungan dalam tanaman ini juga dipercaya sebagai obat reumatik, penurun demam dan TBC Kelenjar leher.

  1. Bayam Duri

Tanaman yang biasa tumbuh liar ini memiliki manfaat sebagai penambah darah, mengobati disentri dan asma juga membuat akar rambut semakin kuat jika digunakan sebagai hair mask.

  1. Buah Tanaman Adas

Buah dari tanaman yang hanya berada di ketinggian di atas 1000 hingga 4000 meter di atas permukaann laut ini mampu untuk mengatasi sembelit, mengobati sakit perut dan batuk.

  1. Bawang Putih

Bumbu dapur yang digunakan sebagai penyedap masakan ini juga dianggap sebagai tanaman obat dan manfaatnya banyak sekali terutama dalam pengobatan berbagai jenis penyakit. Diantaranya adalah menjaga stamina, menambah nafsu makan, meredakan penyakit tukak lambung, mencegah penuaan dini, sebagai antioksidan, membantu tubuh memproduksi insulin, mengurangi kolestrol dan mencegah penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *