Tips Mudah Melakukan Budidaya Jambu Biji di Dalam Pot

Posted on

Jambu biji adalah salah satu buah yang disukai oleh banyak orang, nama latin jambu biji adalah Psidium guajava. Rasa yang khas sering membuatnya dijadikan sebagai buah favorit banyak orang. Untuk itu, tidak salah jika Anda mencoba untuk menanamnya sendiri di rumah. Budidaya jambu biji di dalam pot sangatlah mudah dilakukan jika kita tahu bagaimana langkah dan apa saja yang harus diperhatikan.

Cara Budidaya Tabulampot Jambu Biji

Sebutan untuk jambu biji berbeda-beda untuk setiap daerahnya, seperti jambu bangkok, jambu batu, atau jambu klutuk, bahkan masih banyak yang lainnya. Buah ini bisa ditanam di drum bekas atau pot yang sering disebut dengan cara budidaya tabulampot. Mungkin terdapat persamaan dalam melakukan penanaman tambulapot jambu biji dengan penanaman untuk tanaman lainnya. Bahkan, cara membuat bonsai pohon jambu biji dengan tambulapot ini dirasa lebih mudah sehingga siapa saja bisa melakukannya. Berikut kami sajikan langkah-langkah budidayanya untuk dicoba sendiri di rumah.

Pemilihan Bibit Jambu Biji

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan pertumbuhan tanaman jambu adalah pemilihan bibit yang baik. Untuk itu, lakukan pemilihan yang benar agar menghasilkan bibit yang berkualitas. Pada umumnya, jenis bibit yang unggul hanya bisa ditemukan di tempat-tempat tertentu, seperti toko tanaman atau pertanian. Namun, Anda juga bisa mendapatkan bibit yang unggul dari biji jambu yang berkualitas.

Media Tanam Tabulampot Pohon Jambu Biji

Selain itu, siapkan kompos atau bokashi sebagai media tanam karena kandungan unsur haranya mampu memenuhi kebutuhan pada pertumbuhan tanaman. Bokashi adalah salah satu media tanam yang tidak memiliki kandungan gas amnoniak sehingga tanaman tidak akan mudah layu. Sedangkan, komposisi untuk media tanam tersebut adalah kompos/bokashi, dan tanah dengan ukuran 1 banding 1 . Tambahkan pula furadan 3g sebanyak 400 gram kemudian campurkan hingga rata.

budidaya jambu biji dalam pot

Cara Menanam Tabulampot Pohon Jambu Biji

Tanaman jambu biji mempunyai perakaran yang kuat, sebaiknya Anda melakukan penanaman pohon jambu biji ini di drum bekas atau pot yang besar dengan diameter minimum 50 cm dan tinggi 50 cm. Lantas bagaimana cara menanam jambu biji dari bijinya?

  1. Siapkan pot dan bibit tanaman jambu biji. Pastikan jika bibit berasal dari okulasi yang sudah berusia 5 sampai 6 bulan dengan pertumbuhan yang Anda dapat melihat pertumbuhan satu cabang tunas yang mempunyai tinggi minimal 40 cm dan sehat. Piihlah batang yang lurus dengan delapan pasang daun serta akar yang kuat.
  2. Siapkan atau drum bekas yang akan digunakan. Jangan lupa untuk memasukkan pecahan genting di dalam pot kemudian memasukkan media tanam dan buatlah lubang tanamnya.
  3. Keluarkan bibit dari pot atau polybag dengan cara membuka plastik yang melekat pada media tanam. Lakukan pelepasan dengan hati-hati agar bola tanah tidak rusak ataupun pecah.
  4. Masukkan bibit tanaman tersebut pada lubang tanam.
  5. Tambahkan media tanam pada bagian atau ruang yang masih kosong dalam pot dan padatkan hingga pangkal batang.
  6. Lakukan penyiraman secukupnya dengan air bersih sampai media tanam menjadi basah.
  7. Letakkan tanaman di tempat yang teduh sekitar 1 sampai 2 minggu.
  8. Selanjutnya, letakkan tanaman ke tempat yang terkena langsung oleh sinar matahari.

Cara Merawat Tabulampot Pohon Jambu Biji

Pemeliharan ini dilakukan dengan beberapa tahap, yakni penyiraman, pemupukan, serta pemangkasan.

  1. Penyiraman

Memberikan air pada tanaman bertujuan untuk menjaga tingkat kelembapan pada media tanam. Pada dua minggu di awal, lakukan penyiraman sebanyak satu kali (sore) dalam sehari. Setelah itu, penyiraman bisa ditambah menjadi dua kali sehari, yakni pagi dan sore hari. Pada musim penghujan pun, juga masih tetap melakukan penyiraman karena tanaman ini sangat peka jika kekurangan air. Terlebih saat musim penghujan, maka Anda bisa menambahkan jumlah atau volume air untuk penyiraman.

  1. Pemupukan

Kesuburan tanah haruslah dijaga dengan memberikan pemupukan yang baik dan benar. Berikut ini adalah aturan dalam pemberian pupuk pada tanaman jambu biji yang ditanam di pot:

KeteranganPemupukan di awal penanamanPemupukan menjelang berbunga
UmurSetelah 1 bulan penanaman1 bulan menjelang berbunga, sekitar 3 bulan
Jenis dan jumlah pupukPupuk NPK Mutiara 25 : 7 : 7 berkosentrasi 10 g/ liter airNPK Mutiara 16 : 16: 16 berkonsentrasi 10 g/ liter air
Frekuensi3 bulan sekali3 bulan sekali
AplikasiPupuk disiram ke tanaman dengan volume 1 sampai 3 liter atau sesuai dengan ukuran tanaman.
  1. Pemangkasan
  2. Pemangkasan produksi

Pemangkasan ini dilakukan pada semua cabang secara periodik (tiga minggu sekali). Tujuan pemangkasan ini adalah untuk merangsang tunas baru keluar dan membawa bakal bunga. Lakukan pemangkasan ini secara kontinu sepanjang tahun.

  1. Pemangkasan bentuk

Satu bulan seusai ditanam, lakukan pemangkasan sebulan sekali secara continu agar terbentuk cabang baru. Selain itu, pemangkasan ini juga bermanfaat untuk mempermudah perawatan dan pemanenan. Tajuk tanaman yang begitu lebat dan cabang yang telah mencapai tinggi 1.5 meter menjadi sasaran pemangkasan.

Cara Panen Tabulampot Pohon Jambu Biji

Hasil budidaya jambu biji dalam pot sudah bisa mulai dipanen saat tanaman berusia 2 tahun, tergantung dengan jenis jambu dan cara perawatannya. Ciri-ciri jambu yang sudah bisa dipetik adalah warna mulai kekuningan, berbau harum dan ukuran buah sudah besar maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *